PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA OUTLET SELALU TEH DI TELUK DALAM
DOI:
https://doi.org/10.61509/luxICM8194Keywords:
Service Quality, Price, Location, Customer SatisfactionAbstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada gerai always tea teluk dalam. Penelitian ini menggunakan 3 variabel bebas yaitu kualitas pelayanan, harga dan lokasi serta satu variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 105 konsumen yang membeli atau mengonsumsi selalu teh sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling tidak disengaja. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji t, uji f dan R2. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa indikator dalam penelitian ini valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik, data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan multikolinearitas. Pada uji hipotesis pada uji t diketahui variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pada uji F diketahui variabel kualitas pelayanan, harga dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Pada uji R2 diketahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan sebesar 77,1%. sedangkan sisanya sebesar 22,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I-Con Media

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.