PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND ATTITUDE TERHADAP BRAND EQUITY KOSMETIK MEREK ORIFLAME PADA PEGAWAI SMA NEGERI 2 MUARA BADAK

Authors

Keywords:

brand image, brand attitude, brand equity

Abstract

The purpose of this study was to determine the influence of brand image and brand attitude simultanously and partially on brand equity of Oriflame Cosmetics. The samples in this study were 32 people consisting of employees at SMA Negeri 2, Muara Badak. The analytical tool used to analyze the data was multiple regression and hypotheses of this study tested using the F test and t test. The results of this study revealed that simultanously these two variables, namely band image and brand attitude have a significant effect on brand equity. Partially, brand image and brand attitude also have a significant effect on brand equity. Between these two variables the most influencing is brand attitude.

References

A.B . Susanto dan Hilmawan W, (2004). Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: PT Mizan Publika Jakarta.

Aaker, D.A. (1997). Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta: Spektrum,

Aaker, D.A Joachimstaler, E. (2003). Brand Leadership, The free press New York

Aaker, D.A. dalam Aris Ananda (2011). Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. Jakarta: Spektrum Mitra Utama

Atmoko, W.B & Kurniawati, I, (2009). Swamedikasi: Sebuah respon realistik perilaku konsumen di masa krisis (Vols. 2, 3). Bisnis dan Kewirausahaan.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada.

Achmad, Buchori., Saladin, D. (2010). Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Bandung: CV. Linda Karya.

Riyanto, B. (2008). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan,Yogyakarta: Penerbit GPFE.

Alma, B., (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi, Bandung: CV. Alfabeta.

Simamora, A. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Basid, C.A., Hasiolan, L.B., Haryono, A.T., (2015). Pengaruh Citra Merek, Sikap Merek Dan Kesadaran Merek Terhadap Ekuitas Merek Susu Frisian Flag (Studi Kasus di Kecamatan Tembalang Semarang) https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=Chamid+Abdul+Basid%2C+Leonardo+Budi+Hasiolan%2C+Andi+Tri+Haryono%2C+%282015%29%2C+Pengaruh+Citra+Merek%2C+Sikap+Merek+Dan+Kesadaran+Merek+Terhadap+Ekuitas+Merek+Susu+Frisian+Flag+%28Studi+Kasus+di+Kecamatan+Tembalang+Semarang%29Durianto, dkk. (2004), Brand Equity Ten, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta

Deliyanti. (2010). Manajemen Pemasaran Modern, Laksbang,Yogyakarta.

Tjiptono, F., (2004). Strategi Pemasaran, edisi kedua, Yogyakarta: Andi.

Imarta, F. A., (2013). Pengaruh brand Image Dan Sikap Atas Merek Terhadap Ekuitas Merek KFC Veteran Padang.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M.. (2012). Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: PT Bumi. Aksara.

Handoko, H.T. (2009). Manajemen, Cetakan Dua puluh, Yogyakarta: Penerbit. BPEE.

J. Setiadi, Nugroho, SE., MM., (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran Kencana,Jakarta.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Marketing Management, Penerjemah Bob Sabran, Edisi Ketiga Belas, Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Amstrong, G. (2006). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13, Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi. Kedua belas, Jakarta: PT. Indeks.

Kusuma. R.A. (2014). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Ekuitas Merek Melalui Loyalitas Merek Sebagai Variabel Intervrening (studi pada perokok anak muda di Semarang).

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. Dan Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Peter, Paul. J and Olson, C. Jerry, (1999). Prilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Cetakan Ke empat. Jilid-1. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis. Kasus. Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Roslina. (2010). Citra Merek: Dimensi, Proses Pemngembangan Serta Pengukurannya. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 6 No 3, Mei 2010: 333-346.

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, ,Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Supranto. Limakrisna, Nandan, (2011), Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Supranto, J. M.A.,APU. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk. Menaikkan Pangsa Pasar ( Cetakan Keempat), Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sitinjak, Tony, Tumpal. J.R.S. (2005). Pengaruh Citra Merek Dan Sikap Merek Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Volume 12 No 2. Halaman 166-180.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sihaloha, T. (2011). Analisis Ekuitas Merek Ketai Telapak.

Tjiptono, F. (2005). Brand Management & Strategy, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Terry, G.R. dan Rue. L W. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan kesebelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Till B.D.and Baack D.W. (2005). Recall and Persuasion. Journal of Advertising.Vol 34 No 3. 184-191

Sihaloha, T., (2011). Analisis Ekuitas Merek Kedai Telapak

Umar, H. (2003). Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Downloads

Published

21-10-2021

How to Cite

BAHRI, K., & Wijayanti, S. K. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND ATTITUDE TERHADAP BRAND EQUITY KOSMETIK MEREK ORIFLAME PADA PEGAWAI SMA NEGERI 2 MUARA BADAK. I-Con Media Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 4(2), 30–43. Retrieved from https://journal.stietenggarong.ac.id/index.php/ICM/article/view/25